Copyright © SUNRISE
Design by Dzignine
Selasa, 24 September 2013

Bagaimana Seharusnya Pendidikan di Indonesia

Gue heran sama dunia jaman ini. Gue heran sama indonesia. Gue heran sama pendidikan indonesia. Gue heran, gue heran sama semuanya.
Hidup disini, gue tau itu udah takdir Allah yang mau gak mau harus kita jalanin. Tapi sebagai siswi SMA ya gue heran aja gitu, kenapa kita harus pelajarin pelajaran yang ga masuk akal, yang gunanya dalam kehidupan itu sedikit, bahkan gaada.
Misalnya aja ni ye, ngapain kita ngitung kecepatan gravitasi mangga yang jatuh? Terus kalo misalnya kita udah tau kecepatan gravitasinya, trus kita mau ngapain? Gunanya apa coba? Harusnya mangga yang jatuh itu, kita hitung yang masih bagus, trus dijual. Nah itu baru bener!
Misalnya lagi, ngapain juga kita pelajarin atom. Yang jelas-jelas ga keliatan. Penemunya aja gatau rupa atom kayak gimana. Terus ngapain dipelajarin? Kenapa dunia ini begitu...
Terus, ngapain juga kita pelajari sejarah? Kan udah masa lalu, ngapain masa lalu masih diinget-inget? Katanya harus move on, gimana mau move on kalo masih inget kenangan masa lalu. Harusnya kita itu belajar masa depan. Jadi kedepannya itu kayak gimana, nanti di masa depan kita harus gimana, itu yang kita butuhin nanti, iya kan?
Trus biar kenapa pelajaran di indonesia banyak banget? Dari yang ga penting, sampe yang ga penting banget, semuanya ada. Kenapa kita ga milih satu pelajaran dan dalami se dalamdalamnya? Jadi kan kita bisa lebih fokus kan? Ini kalo pelajarannya banyak banget, otak kita kebagi bagi, bisa bisa otak kita ga mampu, dan akhirnya kita gila.
Banyak banget hal hal aneh yang menurut gue ga masuk akal. Kenapa di indonesia kita sekolah harus pake seragam? Menurut orang yang dulu pernah gue tanyain, katanya sih biar ga ada kecemburuan sosial gitu, tapiiiiiii kalo misalnya setiap 3 tahun sekali dia harus ganti seragam, emangnya ga boros ya? Kain aja harganya berapa, belum ongkos jahit, belum lagi kalo anaknya misalnya makin gede, kan pasti harus ganti baju lagi? Yaampun biaya lagi dong?
Terus, biar kenapa siswa harus dikasi banyak pr, tugas, ulangan, kerja kelompok, les dan asdfghjkl lainnya? Emangnya ga kesian tu sama siswanya, gempor dah tu pala. Botak botak dah. Belum lagi mata pelajaran yang terlalu banyak, biar kenapa coba?
Gue heran aja sama kriteria orang pinter jaman sekarang. Kalo nilainya 9+ mesti dia bakal dicap pinter, entah mengerti atau ga. Sekarang, kita itu kayak sekolah cari nilai, bukan cari ilmu. Yaampun jaman udah ajegile aja.
Gue ngeposting gini karena gue udah stress berat sama yang namanya sekolah. Tugas udah bejibun, ulangan numpuk, belum ekskul terus les, trus kapan gue bisa bahagia kayak anak-anak seusia gue di finlandia? Udah sekolah pake baju bebas, ga ada pr, terus kita bisa bebas milih mata pelajaran yang mau kita dalamin. Bahkan finlandia merupakan negara dengan kualitas terbaik. Terus? Kenapa ga kita contoh?
Saya harap postingan ini banyak dibaca, yaa kali aja sistem pendidikan di Indonesia bisa brubah. Amin :"))

1 komentar:

  1. bahasa qm emg ceplas ceplos sis,... tanpa basa basi.. aku akui si.. sedikit dari artikel qm itu ada benernya... tapi ada yg perlu diubah sedikit pola pikirnya... eheem.. klo qm backgroundnya muslim, mungkin qm bs coba sejarah ttg nabi muhammad... memang pendidikan yg shrusx menguatkan mental dan bakat kita itu perlu sekali, tp jgn lupa qt hidup skali di dunia ini modal untuk kehidupan langgeng kelak.. jika tanpa diiringi dengan attitude yg baik dan keimanan yg kuat, kepintaran qt hanya akan menjereumuskan qt sndiri. .. so bagiq belajar ttg keduniaan emg bagus tp yg lbh pnting lg ttg akhirat,harus bisa saling berdampingan baik ilmu dunia dan akhirat

    BalasHapus